24 April 2017

CIRI AYAM BIRMA/BURMA SESUNGGUHNYA

  JAWARA KITA       24 April 2017

Tentang ayam Birma atau burma asli - Ayam Birma adalah ayam yang berasal dari Negara Myanmar. Pada dulunya Ayam Birma hanya diternakkan biasa oleh orang-orang Thailand lalu dijadikan sebagai ayam aduan. Ayam birma terkenal dengan akurasi pukulan cepat dan tepat pada bagian kepala ini kini dianggap mampu bersaing dengan ayam Bangkok. Ciri khas ayam birma yaitu terhadap daya serang dan kecepatan yang luar biasa, bermain dengan gaya meranggal dan memiliki pukulan ujung dan pukulan timpuk yang sangat mematikan.

Ayam birma mulai diminati dan digemari di indonesia tidak hanya itu melesatnya harga pasaran ayam birma sampai puluhan juta rupiah. Akankah ketenaran ayam birma ini perlahan meredup kembali akibat kalah bersaing dengan ayam Bangkok.
Dari struktur fisik fostur badan dan tulangan dibandingkan dengan ayam Bangkok ayam birma jauh lebih kecil bisa dianggap ukurannya seperti ayam lokal atau ayam kampung indonesia memiliki Ukuran kecil 5 -6,5 sekitar berat 2,4kg - 2,9 kg, dan ada juga diatas 3Kg.


Dari segi postur tubuh hampir mirip dengan ayam kampung biasa.Karena sejatinya ayam birma juga ayam kampung dinegaranya. Berat badan ayam ini sendiri biasanya kurang dari 3kg, Jari kaki kecil dan panjang atau bisa disebut kaki merit/ramping tulangan ayam ini relatif kecil dan agak tipis.
Jenis bulunya sendiri sangat berbeda dengan ayam thailand yang biasanya dominan berwarna merah hitam, kuning merah dan lain-lain sementara ayam birma sendiri biasanya memiliki warna campuran seperti merah, abu-abu, dan widu.
Gaya bertarung dari ayam ini pranggal lebih sering menghindar saat bertarung dan berlari lari mutar-mutar menjaga jarak. tapi kelemahan dari ayam ini memiliki tulang yang tipis sehingga saat bertarung dengan waktu yang lama biasanya jenis birma akan lari karena tidak Kuat terkena pukulan.



Maka dari itu para kalangan JagoHolic sering melakukan cara persilangan untuk merubah sifat dari ayam, seperti ukuran, teknik, pukulan dan mental. Untuk saat ini harga ayam silangan lumayan tinggi, semakin banyak tipe-tipe ayam silangan baru dan populer. Misalnya, "Magon" merupakan hasil dari silangan ayam birma dan Saigon, selanjutnya ada juga ayam Bangkok "Pakhoy", Ayam bangkok pakhoy yang bagus adalah hasil perkawinan dari ayam aduan pilihan dari 4 jenis. Ada pun ayam bangkok pakhoy yang asli merupakan hasil perkawinan 4 darah berbeda. Ayam bangkok pakhoy impor rata-rata memiliki ciri khas lebih bagus karena masih ori dari silangan 4darah berbeda dengan ayam bangkok pakhoy lokal yang sedikit lebih lambah dalam gerakan tehnik. Demikian ulasan tentang Ayam Birma Sesungguhnya.!!
logoblog

Share :

Related posts

Previous
« Prev Post