14 Februari 2018

11 Macam Warna Dan Nama Bulu Ayam Aduan Paling Tersohor

  JAWARA KITA       14 Februari 2018

Mengenali warna bulu ayam bangkok terpopuler - beragam macam jenis warna ayam aduan memiliki bentuk dan vareasi warna yang dihasilkan pada setiapnya juga perpaduan corak dan dasar dasar warna menjadikan tampilan dan pamor ayam tersebut terlihat lebih gagah dan fenomenal. Warna bulu merupakan salah satu unggulkan dari setiap jenis ayam aduan sebagai simbul jati diri dan wibawa mereka.

Warna bula ayam aduan memang bukan satu-satunya faktor yang mempengaruhi berkelas atau tidaknya, tetapi bulu dengan warna yang indah menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap pemiliknya. Yang perlu di ingat bulu tidak bisa menjadi patokan dalam setiap laga. Berikut beberapa macam-macam ciri khas warna bulu :




11 MACAM WARNA DAN NAMA BULU AYAM ADUAN PALING TERSOHOR



1. BIRING KUNING ( WIRING KUNING )
Ayam aduan khas warna kuning atau yang kita kenal dengan sebutan biring (wiring) merupakan salah satu warna bulu paling populer didunia sabung ayam begitu banyak disukai para penghobi dan kolektor ayam kontes Warna khas biring kuning dikenal masyarakat kita yaitu dengan kata wiring kuning atau wiring galih. Ayam aduan biring kuning memiliki ciri khas tersendiri yaitu dasar bulu berwarna hitam dengan bulu rawis leher dan ekor berwarna kuning Emas. ayam bangkok dengan khas warna bulu seperti ini dipercaya memiliki aura magis kuat dan jiwa pemenang, warna bulu ini merupakan salah satu contoh simbul berkelas hingga saat ini dan banyak dicari para jagoHolic



2. BIRING GALIH (WIRING GALIH )
Ayam aduan khas biring galih memiliki persamaan seperti biring kuning yaitu banyak dikenal dari khas warna bulunya dan sangat populer hanya saja perbedaan dari segi warna, Biring kuning memiliki ciri warna kuning Ke Emasan sedangkan Biring Galih memiliki ciri dasar warna hitam dengan bulu rawis leher dan ekor berwarna merah tua. Konon ayam aduan dengan ciri warna biring tembus dari bulu, paruh hingga kaki punya warna yang sama memiliki sisi magis yang kuat juga memiliki banyak ke istimewaan dari cara bertarung dan juga pukulan baik itu biring galih atau biring kuning.



 3. BLOROK DAN BRUMBUN 
Ayam aduan dengan khas warna seperti blorok sudah banyak yang mengenalnya, salah satu warna jempolan yang paling populer adalah Blorok Madu dan juga Pancawarna. perbedaan blorok dan juga brumbun yaitu dari setiap warna yang dihasilkan, Blorok memiliki kombinasi warna loreng/totol diantaranya hitam, merah, kuning dan khas dasar berwarna putih sedangkan brumbun memiliki sedikit totolan warna putih. Tampilan dari kedua warna ini ayam memiliki aura tampilan gagah dan juga tampan. Ayam bangkok dengan khas blorok dipercaya memiliki mistis misalnya blorok madu diyakini membawa keberuntungan sedangkan pancawarna diyakini pembawa hoki bagi sipemilik.



4. JALAK ( WIDO )
Ayam aduan khas jalak (wido) memiliki kombinasi dasar berwarna hitam dan bulu rawis berwarna putih kehijauan. ayam aduan khas bulu jalak yang paling banyak dikenal dan populer dibagi menjadi 4 diantaranya jalak kapas, jalak Emas, jalak Asem dan Jalak Batu/botol. (jalak putih/kapas memiliki ciri kombinasi bulu rawis berwarna putih terang) (jalak Emas memiliki kombinasi bulu rawis berwarna kuning ke Emasan) (jalak Asem memiliki kombinasi bulu rawis berwarna kuning gelap) sedangkan jalak Batu/botol memiliki kombinasi ciri bulu rawis berwarna kehijauan. Menurut cerita ayam aduan  warna jalak merupakan hasil persilangan antara ayam Thailan dan ayam lokal asli indonesia para bobotoh tua mengatakan bahwa ayam jalak memiliki watak misterius yakni suka membunuh.



5. WANGKAS ( LAYUNG )
Ayam aduan warna wangkas atau layung terbilang menjadi salah satu warna paling disukai dan juga bagus. Dari sekian banyak penghobi di indonesia hanya mengenal dua jenis warna yaitu wangkas geni dan wangkas Emas. Wangkas geni memiliki ciri bulu rawis berwarna merah kecoklatan hampir keseluruhan sedangkan wangkas Emas memiliki bulu rawis berwarna kuning ke Emasan hampir keseluruhan. Ayam bangkok khas bulu wangkas dipercaya memiliki kemampuan teknik dan stamina yang bagus.



6. GESIN ( JARGEM )
Ayam aduan khas warna gesin (jargem) memiliki dasar hampir keseluruhan berwarna hitam meles atau polos. ayam gesin merupakan salah satu khas warna paling ditakuti di jamannya sabung ayam. warna gesin yang paling banyak dicari para bobotoh yaitu warna tembus mulai dari bulu, paruh, mata juga kaki memiliki warna yang serupa menurut primbon jawa ayam aduan khas warna bulu hitam tembus memiliki banyak keistimewaan, hawa mistis yang kuat dan juga wibawa didalam ring arena tarung



7. CARAMBANG ( CREMBANG )
Ayam aduan khas warna carambang (crembang) sangat terkenal dan populer sejak jaman dulu bahkan hingga saat ini. warna carambang sangat tersohor dibidang kehebatan taji/jalu yang begitu super mematikan corak dan dasar warna khas carambang (crembang) hampir mirip dengan blorok dan brumbun anda harus bisa membedakannya. Carambang memiliki kombinasi warna merah dan kuning yang didasari warna putih pada bagian bulu rawis leher dan punggung sedangkan ekor memiliki campuran warna yaitu hitam dan putih.





8. JALI ( RENGGE/CINDE )
Ayam aduan khas warna jali (rengge) adalah salah satu yang paling sedikit peminatnya entah itu karena banyak kekurangan atau hal lain memang jenis warna jali jarang sekali ditampilkan. Banyak para kalangan penghobi mengatakan bahwa ayam bangkok khas warna jali (rengge) memiliki mitos yakni tidak boleh dijadikan ayam aduan kurang bagus untuk jadi bahan taruhan. namun kemampuan dari warna jali patut kita perhitungkan karena rata-rata jenis ini memiliki kualitas akurasi pukulan taji. Ciri dari khas jali terdapat banyak bintik-bintik warna yang tersusun rapi pada setiap rawis bulu.



9. KLABU ( KLAWU )
Ayam aduan khas warna klabu (klawu) pasti sudah familar dihati dan dimata para penghobi warna ini juga menjadikan salah satu terpavorit dan juga banyak dipelihara ternakan besar walau pun tidak sepopuler biring kuning juga blorok namum kehebatan dan kemampun ayam aduan khas warna klabu patut diacungi jempol. Warna bulu klabu/klawu memiliki beragam nama jenis warna diantaranya klabu batu, klabu monyet, klabu kapas kemudian di imbangi dengan kombinasi warna pada bagian ulet dan rawis seperti warna merah, kuning, jali dan coklat biasanya ayam bangkok khas warna klabu dikenal memiliki kelebihan dalam pukulan saraf.





10. HAWUK ( WANGKAS GENI )
Ayam aduan khas hawuk atau yang dikenal dengan sebutan wangkas geni hampir mirip dengan wangkas kuning hanya saja perbedaannya dari segi warna sedangkan hawuk/wangkas geni memiliki dasar bulu berwarna merah coklat keseluruhan. sebetulnya warna bulu hawuk hanya dimiliki oleh ayam kampung dan ayam birma saja namun dari hasil persilangan warna ini kini menerap pada ayam jenis lain seperti bangkok dan shaigon. ayam aduan khas warna ini sekarang mulai banyak disukai oleh para penghobi karena memiliki beragam keistimewaan.





11. PUTIH KINANTAN
Terakhir ayam aduan berwarna putih kinantan salah satu jenis warna paling sedikit yang memiliki karena sulit ditemukan meski ada kebanyakan kombinasi warna bulu paruh dan juga kaki tidak lah sama. ciri dari ayam bangkok asli putih kinantan warna bulu, paruh, dan kaki berwarna putih kebanyakan orang menyebutkan putih nyambung/tembus. para bobotoh tua menyebut ayam khas putih kinantan semacam khusus tumbal dan mengenal kelebihannya di Arena tarung menurut pengamat sulit untuk dijelaskan memang ayam warna putih kinantan sangat jarang dilagakan.


Demikian informasi tentang 11 macam warna dan nama bulu ayam aduan paling tersohor semoga isi artikel ini memberi sedikit ilmu pengetahuan didunia hobi ayam petarung :



logoblog

Share :

Related posts

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar